Manampilkan Kembali Murai Batu Mabung

Telah kita ketahui Murai Batu adalah burung jenis Fighter dan burung jenis ini tidak bisa tampil sepanjang tahun, meskipun tidak pernah mengubah penanganan terhadap si burung baik dari sisi pakan, mandi, jemur maupun pemberian extra fooding karena burung mengalami sirkulasi tahunan yang wajib dijalani. Mabung yang diistilahkan para penghobi ngurak adalah ritual rutin yang wajib dijalani setiap burung. Ditandai dengan rontoknya bulu secara bertahap sampai dengan tumbuh bulu jarum dan sampai kembali mulus. Adapun tip perawatan Murai Batu saat mabung/ngurak adalah sebagai berikut :

  1. Tidak perlu dilakukan penjemuran dan letakkan ditempat yang teduh

  2. Kurangi waktu mandi yang biasa tiap hari menjadi 2/3 hari sekali

  3. Kandang tetap dibersihkan tiap hari dan di krodong sepanjang masa mabung

  4. Asingkan dari burung yang sejenis

  5. Latakkan burung master disekeliling

  6. Beri vitaman B complex /Growvit pada minumannya terutama untuk menjaga stamina burung

  7. Berikan kroto lebih banyak dan dikurangi jumlah pemberian jangkrik yang biasa 5 atau lebih berikan menjadi 2 saja

Saat burung Murai Batu sudah muluspun banyak para pemain kecewa, setelah sekian lama ngurak dengan kondisi burung dengan bulu komplit seperti sedia kala tetapi tidak mengeluarkan kicauan apalagi tembakan andalannya. Hal ini sering terjadi karena pemahaman ngurak tidak identik dengan mulusnya bulu burung tersebut, ternyata ada masa untuk mengeraskan bulu muda sehingga perlu waktu sampai dengan 2 bulan. Tip perawatan saat tumbuh bulu adalah sebagai berikut :

  1. Jangan pernah lakukan penjemuran saat pertumbuhan bulu hal ini akan menghentikan pertumbuhan bulu karena terjadi pengerasan bulu secara dini

  2. Saat bulu sudah mekasimal lakukan penjemuran secara bertahap sebagai berikut :

a. Minggu pertama dijemur selama 1/2jam

b. Minggu Kedua dijemur selama ¾ jam

c. Minggu ke3 dan ke4 dijemur selama 1 jam

d. Minggu ke5 dan ke6 dijemur selama 1.5 jam

e. Minggu ke7 dan ke8 dijemur selama2 jam

3. Jangan Pernah mengadu sebelum 2bulan bisa berakibat burung menjadi tidak terkendali dan cenderung galak.

  1. Pola perawatan mandi dan setelan makanan kembalikan seperti setelan sedia kala saat sebelum mabung.

 

Setelah selesai penjemuran selama 2 bulan cobalah dilatihan kecil terlebih dahulu antara 15-20 burung agar burung Murai Batu anda tidak terlalu kaget, dan biasakanlah melombakan burung anda 2 minggu sekali agar burung Murai Batu anda dapat selalu tampil prima. Semoga bermanfaat dan selamat berlomba

 

Menampilkan Murai Batu Prestasi

Komunitas burung memang sangat mengasikkan, dimanapun kita berada selalu ada saja sheering pengetahuan di dunia burung kicau, yang dihasilkanpun tidak hanya seputaran pengetahuan burung tetapi terjadi ikatan informal yang menghubungkan tali silahturahmi di antara komunitas itu, ada yang membentuk dalam club dan ada yang  tidak mau terikat dengan wadah tersebut dalam arti bebas yang diistilahkan SF (Single Fighter). Dimana pun kita tidak akan merasa sendirian baik itu diperjalan kereta, bus sampai dengan pesawat terbang dan levelnya pun mulai dari kelas teri sampai dengan kelas Kakap dari seniman sampai dengan politikus itupun tidak membedakan ras dan agama

Dari sumber-sumber obrolan cangkru’an maupun di perjalanan dan dari internet sheering seputaran perburungan sering terjadi, untuk itu saya berusaha marangkum yang sering dibahas saat obrolan, bagaimana menampilkan burung Murai  mencapai performa yang optimal. Tip ini berlaku bagi burung Murai Batu prestasi atau burung yang pernah mencapai puncak tetapi menjadi tidak tampil saat berpindah tangan dan berubah rawatan.

Perawatan Harian

  1. Pagi sekitar jam 7.00 krodong burung di buka ditempat teduh
  2. Berikan 5 ekor jangkrik
  3. Berikan 2 sendok makan kroto yg sudah dibersihkan
  4. Jemur 1-2 jam (tergantung kesenangannya) karena ada juga murai yang tidak mau dijemur terlalu lama, cukup ½ jam saja.
  5. Setelah selesai dianginkan 20 mnt lalu ditutup, simpan ditempat teduh dan dikelilingi burung master(burung isian)
  6. Sore sekitar jam 3 sore buka krodong lalu mandikan
  7. Setelah selesai beri jangkrik kembali 5 ekor setelah itu tutup kmbali
  8. Gantung burung ditempat yang tenang dan jangan terlalu terang sehingga burung dapat ber istirahat dengan tenang.

Bagi yang senang memberikan Vitamin sebaiknya cukup diberikan 2x seminggu, jangan terlalu sering memberikan vitamin, murai termasuk burung yang sensitif terhadap bau yang berlebihan kalau terlalu sering dan terlalu banyak memberi vitamin, bisa-bisa murai jadi tidak mau minum sehingga burung jadi serak.

Perawatan 1 Minggu sebelum lomba

Murai Batu merupakan burung dengan type fighter yang tinggi, sehingga dibutuhkan kondisi yang benar-benar prima pada saat dilombakan selain mental jawaranya.Untuk perawatan seminggu sebelum lomba yang sering dilakukan para pemain adalah sebagai berikut :

1.Dari senin s/d rabu burung dirawat seperti rawatan harian diatas

2.Mulai kamis porsi jangkrik dinaikan yg tadinya 5 pagi Jadi 8 dan 7 Sore jadi 15 sedangkan perawatan lainnya sama dengan hari biasa.

3.Jum’at porsi jangkrik dinaikan menjadi 10 pagi dan 10 sore, tambah 5 ekor ulat hongkong dan perawatan lainnya sama dengan hari biasa.

4.Sabtu porsi jangkrik dinaikan lagi 15 pg, 10 sore, tambah 5 ekor ulat hongkong + kroto 2 sendok makan pagi hari saja dan khusus pada hari sabtu ini burung tidak dijemur dan tidak dimandikan pada sore harinya, jadi burung dikrodong seharian ditempat yang teduh setelah diberikan kroto, jangkrik, ulat hongkong.

5.Pada hari minggu pagi burung diberi jangkrik 10 ekor, ulat hongkong 5 ekor dan kroto 2 sendok makan, burung tetap jangan dimandikan dan usahakan pada saat menunggu untuk dilombakan disimpan ditempat yang jauh dari lapangan lomba dan burung murai lainnya. sehingga diharapkan pada saat krodong dibuka dilapangan lomba burung dapat keluar nafsunya dan tenaganya masih full untuk menandingi lawan-lawannya.

6.Jika akan diturunkan pada babak berikutnya burung kalau bisa jangan dimandikan, beri jangkrik 5 ekor, ulat hongkong 3 ekor dan simpan ditempat yg jauh

Bila kita cermati waktu cara perawatan diatas selaku seorang profesional pasti tidak mempunyai waktu luang yang cukup, untuk itu perlu disikapi dengan rekrutment perawat burung.  Rekrut perawat burung gampang-gampang susah yang perlu diperhatikan untuk seorang perawat burung sebaiknya yang jujur, hobi burung dan dekat rumah sehingga memudahkan pemantauan atau dengan cara menitipkan burung pada temen satu club yang mempunyai waktu cukup untuk memberikan resep diatas.

Perawatan setelah lomba

Untuk menghindari burung Murai tidak menjadi galak setelah dilombakan, usahakan pulang dari lapangan lomba murai batu dimandikan dan jangan diberikan jangkrik kembali, perawatan berikutnya dapat dikembalikan kepada cara perawatan harian sebelumnya.

Sekali lagi cara perawatan diatas adalah cara perawatan yang biasa digunakan sebelum lomba dan ini hanya cocok untuk burung-burung yang sudah memiliki mental yang matang, jika burung  kegalakan atau malah kurang bergairah bisa disesuaikan dari cara pemberian extra fooding nya, terutama jangkrik dan ulat hongkongnya. Jika burung kegalakan jangan pernah memberi ulat hongkong sebelum lomba dan jumlah jangkrik bisa dikurangi baik harian maupun seminggu sebelum lomba. Sedangkan bila burung kurang bergairah bisa ditambah jumlah jangkrik yang diberikan baik harian maupun satu minggu sebelum lomba, disarankan jumlah ulat hongkong yang diberikan jangan terlalu berlebihan karena takut menimbulkan efek samping seperti rontok bulu atau kegalakan.

Efek Pemberian Doping

Jika ingin Murai Batu berprestasi dalam jangka panjang disarankan jangan pernah memberi doping, berdasarkan pengalaman pemberian doping akan menimbulkan efek samping yang tidak baik berupa ketergantungan terhadap doping tersebut dan burung tidak bergairah kembali setelah usai mabung. Doping yang sering dipakai saat ini adalah Orong-Orong, Kelabang dan sejenis cairan Tonic. Demikian semoga bermanfaat dan selamat berlomba.***  Ismu Penggemar Burung Fighter.

About these ads

63 responses to “Manampilkan Kembali Murai Batu Mabung

  1. Masalah burung iki kudu ono komentar-e Pangeran Harry seko Balikpapan mestine, Is. Tapi arek-e koyok-e ngilang…seperti khabar burung

  2. Koyone Ismu mbiyen iku muasale seneng adu doro, istilah kerene aeromodeling dengan remote tepokan tangan. Mugo2 gak salah yo Mu. Rupane kemakmuran menyebabkan dia beralih mendalami murai batu. KOleksimu wis piro Mu?

  3. Mangkane ta dadi uwong iku kudu duwe kesenengan, seng pas yoiku gelek duwek soko kesenengan contone pemain bola, pemain bulutangkis, pemain tenis dll la seng repot iku kesenangane manuk kerjone ngurusi telpon…..wah ngak nyambung blas……he he he yo koyok aku iki…………

  4. makasih bos…atas sarannya

  5. Maaf Nih .. Numpang Nanya kalau Mabungnya
    murai apakah buntut selalu lama biar leps sendiri atau dicabut aja makasih

    • Betul Mas Pamungkas…..sering kejadian seperti itu jadi ekor lama g lepas-lepas, atau sebagian tidak tuntas ataupun, bulu sampe tua g mau mabung/ngurak, ini tergolong kasus bulu, usahakan jangan di cabut……biarkan bulu lepas sendiri…..bila menemui kasus seperti ini, dari pengalaman pribadi ada dua cara : 1. harus distop pakan jangkrik, kroto, dan ulat hongkong maupun ulat kandang dan poer yang biasa diberikan, tetapi diberi poer 511 produksi PT Charoen Pokphand yg asli saja. 2. Berikan ulat daun pisang 3 ekor,pagi,siang,malam (baik yg dalam bentuk ulat maupun kepompong)……dijamin deh dalam 2 minggu rontok tuh semua bulunya, bila sudah rotok semua stop pemberian pakan 511 & Ulat, lakukan langkah paska rontok ssi tulisan saya di atas, mudah2an bermanfaat….maaf baru buka……

  6. Pak sy mu tanya..sy punya murai tp pd waktu beli kondisinya bobdol tinggal sisa 2ekor yang patah.lalu sm tmen dicabut skalian hampir 1,5 bulan ekornya ga tumbuh2bahkan bulu jarum pun ga keluar.gmana solusinya pak ya……mohon bantuannya thx

    • perlu disayangkan bulu yg di cabut itu, seharusnya tidak perlu dilakukan tindakan pencabutan…….dan lainkali jangan pernah mencabut bulu lagi pada burung kicau krn saya tidak sepaham itu….bila sudah terjadi lakukan langkah sbb: 1. Saat baru dicabut oleskan minyak serai (minyak tawon) dg menggunakan kapas korek kuping
      2. Menunggu rontok bulu berikutnya
      3. Sering dimandikan untuk nerangsang pertumbuhan bulu
      Slamat mencoba semoga bermanfaat…….

  7. Pak wisnu.saya baca dsmart mastering mb mabung tiap hari djemur 30 mnit mndi skli sminggu.

    • sebenarnya proses mabung ada 2 tahap yaitu pertama rantok bulu, kedua adalah pertumbuhan bulu, saat rontok bulu sebaiknya lakukan yang anda baca itu tetapi saat tumbuh bulu lakukan tip saya itu yaitu dimandikan setiap hari

      • om, mb saya lg proses mabung baru 7 hari dan yg rontok cuma baru bulu-bulu kecil disayap (+- 6 lbr)
        langkah apa yg hrs sy lakukan disaat sprti ini?

      • pertama lakukan pengkerodongan, beri bunyi2an master yg diinginkan, atau dengan burung master yg sering bunyi seperti prenjak, lovebird, cucak jenggot,kapas tembak dll, berikan pakan poer, ulat hongkong sedikit saja dan jangkrik untuk kroto berikan seminggusekali saja dan tempatkan di tempat yang hangat sehingga bulu cepat rontok, untuk minuman diberikan fitamin, ingat untuk burung mabung sangat rapuh dan rentan dihinggapi penyakit, hindarkan dari kontak fisik dengan burung lainnya dengan mengkrodong, hindarkan juga dari sinar matahari langsung sampai dengan ekornya tumbuh panjang alias tuntas, demikian ulasan singkat mudah-mudahan bermanfaat, tks

  8. Bang,saya mau nanya neh prihal muray saya yg engga makan pur. Setiap di beri pur,itu pur masih awet bae ora di makan pisan. Tolong kasih jawaban agar muray saya mau makan pur. Sebelum nya saya ucapkan terima kasih.
    By : madhi di bekasi

    • Bro Almadhi…..
      untuk diketahui bahwa makanan pur adalah pilihan yang terakhir bagi muarai batu, setealah jangkrik, krota, ulat dan serangga lainya,
      jadi selama sudah terpenuhinya asupannya dari serangga tersebut maka pur g akan disentuh, untuk itu perlunya pemberian asupan yg ter ukur, sehingga purnya juga akan disantap, contohnya pemberian jangkrik pagi satu ekor, kroto satu sendok teh, dan ulat 3 ekor, bila serangganya habis maka pilihan terakhirnya adalah pur. Tapi lain kasus bagi yg belum pernah makan pur maka perlakuannya beda, klo dilakukan seperti diatas bisa mati, contohnya burung tangkapan utan, atau yg dari ternakan belum pernah dilatih makan pur, dlam hal ini ada tip khusus… mudah2an bermanfaat

  9. aku ada murai mabung tapi ko malah birahi trus/ngebatman itu gmana ngatasinya om???

    • ada 2 penyebab ngebatman, alias over birahi, pertama karena sudah saatnya untuk di jodohkan alias usia pada puncak berahinya burung murai, yang kedua disebabkan karena bulu baru / bulu muda masih belum keras alias pangkalnya masih terlihat besar dan di dalamnya terlihat masih ada darahnya.
      penanggulangan yang pertama adalah dikawinkan dengan betina yang birahi,sedangkan untuk kasus yang kedua adalah menunggu sampai bulu mengeras dan kurangi makanan yang meningkatkan birahi seperti jangkrik,kroto, ulat hongkong, bisa diganti dengan cacing putih atau ulat kandang. dan tip dari saya krodong kain tebal, jangan diganggu dan asingkan dari burung sejenis, seperti kacer & murai batu yg membuat dia merasa terancam, terimakasih semoga berhasil

      • Bagaimana jika murai terlanjur sering dilombakan padahal burung saya baru selesai mabung..awalnya tiap minggu sering juara dan sekarang trus ngebetmen dan galak..mohon sarannya, karena saya cukup pusing bongkar2 settingan..

      • Klo kasus seperti ini, burung harus di nolkan lagi, yaitu di buka krodong dan diasingkan, kemudian di kasih makan standart(tidak diberi makan serangga Jangkrik, kroto, ulat) cukup dibri pur yang kadar lemaknya rendah, jemur mandi rutin

  10. Ass.pak ismu saya mau tanya,murai it brapa kli mabung bru bisa dlombakan,mlai dri anak’an trotolan.

    • Waalakum salam Wr Wb tergantung performa dan karakter burungnya, bila dipandang mampu dan siap begitu mabung sekali -+ 8 bulan sudah siap syaratnya burung hasil ternak, tetapi bila dadapat dari muda hutan butuh waktu yang lama….

  11. om burung saya mengalami rontok bulu tapi lama banget habisnya,bagaimana shi supaya mabung cepat selesai, mksh om

    • di chooor saja seperti yang saya sarankan terdahulu…..

    • Cara chooor sbb :1. distop pakan jangkrik, kroto, dan ulat hongkong maupun ulat kandang dan poer yang biasa diberikan, tetapi diberi poer 511 produksi PT Charoen Pokphand yg asli saja. 2. Berikan ulat daun pisang 3 ekor,pagi,siang,malam (baik yg dalam bentuk ulat maupun kepompong)……dijamin deh dalam 2 minggu rontok tuh semua bulunya, bila sudah rotok semua stop pemberian pakan 511 & Ulat, lakukan langkah paska rontok ssi tulisan saya di atas, mudah2an bermanfaat….maaf baru buka……

  12. saya py murai sdg mabung, ekor sudah rontok semua dan sdh tumbuh tp belum full,yg saya tanyakan bagaimana perawatannya? makasih pak. kapan ya suaranya mulai ngeplong?

    • masih bunyi ngriwik to? bila ekornya sudah mulai tumbuh insyaalah dalam waktu 4 minggu sudah tuntas, selanjutnya lakukan penjemuran seperti langkah2 pada artikel saya itu, bila performanya sudah top suara dan tembakannyapun akan maksimal, bikin cumpleng deh hhhh

  13. Ass. kira kira burung murai itu mabung berapa lama ya??
    saya punya uda rontok semua buntutnya tapi sayap & badannya masih utuh, gimana ya caranya agar mempercepat proses mabungnya?
    tks.

    • mas Danoe, krodong terus dan kotorannya 3hri sekali dibersihkan, usahakan kotoranya diberi alas koran biar gak cair, sehingga didalam kerodong itu terasa hangat dan bulupun cepat rontok, normalnya dari mabung kembali ke asal selama 3 bulan

      • tks infonya Pak.
        untuk makanan nya ngaturnya gimana ya pa?
        saya beri tiap hari pagi kroto 1sendok sore jangkrik 3-4ekor.
        sudah 3 minggu tidak ada perubahan, bahkan bulu ekor pun belum keliatan tumbuh.
        mohon info nya pak, tks

      • Klo langkah normal tidak mempan coba yang extrim ini
        lngkah1. Stop kroto dan jangkrik kemudian berikan ulathongkong 1 sendok kira2 20 ekor dicampur ulat kandang 1 sendok, poer tetap bila langkah satu dalam 2 minggu tidak ada yang rontok lakukan langkah dua di bawah ini

        langkah2,distop pakan jangkrik, kroto, dan ulat hongkong maupun ulat kandang dan poer yang biasa diberikan, tetapi diberi poer 511 produksi PT Charoen Pokphand yg asli saja. 2. Berikan ulat daun pisang 3 ekor,pagi,siang,malam (baik yg dalam bentuk ulat maupun kepompong)……dijamin deh dalam 2 minggu rontok tuh semua bulunya, bila sudah rotok semua stop pemberian pakan 511 & Ulat, lakukan langkah paska rontok ssi tulisan saya di atas, mudah2an bermanfaat….maaf baru buka……

      • tks infonya Om….
        mau tanya lg om, kalo ulat pisangnya di ganti dengan cilung bisa gak om?

      • pernah saya pakai Cilung(ulat Bambu) saja tidak ada ngefek, bulu tidak rontok, lebih baik diganti ulat hongkong saja bila tidak ada ulat pisang

      • maaf pak nanya lagi nihhh…
        sekarang MB saya sedang dorong ekor -/+2cm tetapi bulu sayap maupun kepala dan badan belum rontok semua, apa disebut macet mabung??? bagaimana cara penanggulangannya?? mhn infonya pak??

      • sudah berapa lama? klo lebih dari 2 minggu bisa di bilang macet, coba di krodong, digantung di tempat yang hangat dan dikasih asupan ulat hongkong dan jangkrik saja,untuk kroto disetop sementara
        ok
        mudah2an bermanfaat

  14. om sya mau tanya nih…murai saya ntadinya sebelum mabung makan voer tapi setelah seminggu kelar mabung kok malah jd gak suka ma voer ya… bisa beri solusinya om..ni juga kok kondisinya malah kayak burung drop.. mohon pencerahanya..!!

    • wah ini terjadi kelainan, coba ditempatkan ditempat yg hangat, lakukan pengkrodongan, jangkrik, kroto dan ulat berikan sedikit saja, contohnya kroto 1/2 sendok diberi 2 hri sekali, jangkrik cukup 2 ekor sehari, ulat HK kasih lima ekor sehari, ingat kroto adalah pilihan terakir setelah makanan tersebut

  15. tapi ada resikonya gak om ??
    ntar malah mati om..!! makasih ya om atas saranya..!

    • Insyaallah tidak akan seperti itu mas Afan…bila burungnya sehat sebab historynya pernah makan poer, lain halnya bila burungnya sakit, perlu perawatan dan di beri obat,jangan lakukan langkah tersebut

  16. mau nanya lg nih Om,
    murai saya sepertinya kemarin +/-4bulan yang lalu macet mabung dan sekarang sdh tumbuh ekor kira2 15cm apa masih bisa panjang lg ekornya. bagaimana cara agar mempercepat proses pertumbuhan ekor?
    tks atas infonya.

  17. ass..wr.wb.om saya mo tanya nih,mb ane mabung cm 1 bln dah rapi skarang panjang ekor kira2 12cm apa skarang dah waktunya dikembalikan ke perawatan harian atau blom emang kalo dimandi+jemur apa ekor akan tetap manjangin trus biar suaranya ngemplong gimana ya.thx.wass wr wb

    • waalaukum salam wr wb,klo dia umurnya masih di bawah 5th seharusnya lebih panjang dari sebelum ngurak, bila itu (dibawah 5 th) maka perawatannya adalah berikan keroto setiap pagi satu sendok makan dan jangkrik secukupnya (max 5 ekor)untuk sementara jangan di jemur dahulu, dan mandikan setiap hari, klo sdh tuntas dan ingin cepat bunyi kembalikan ke perawatan sebelumnya ok wassalam

  18. Beri saja kroto 1 sendok makan tiap pagi, insyaallah akan tumbuh mengkilat dan bila masih umur di bawah 5 tahun akan lebih panjang dari sebelumnya, sebaiknya jangan dijemur dahulu bila belum tuntas

  19. ass wr wb..sebelumnya MB ane kira2 umur 3 taonan,om ane mo tanya lg nih,pengertian mabung dah tuntas itu seperti apa ya,apa bulunya udah gak rontok lg trus ekornya masih dorong/manjangin atau bulu udah gak rntok dan panjang ekornya udah mentok baru disebut rapi mabung.thx..wass

  20. ass wr wb mas is…….saya bru beli MB 4 hari lalu, harga 1,8jt.. kalo krodongnya di buka burungnya langsung bernyanyi,tetapi pas di jemur langsung diam,selesai di jemur baru bunyi lagi, saya mohon saran untuk stelan MB baru saya ini mas is, soalnya yang jual juga gak tau stelannya, mohon sarannya mas is.. trim’s..

    • Wa alaikumsalam wr wb, mas Tama…itu burung bagus, bila ingin juara memang perlu banyak di jemur dan dilatih ( Latber ) yang murah2 dulu aja, untuk jemuran memang di awali dari sedikit2 bertahap jadi jangan lama2, mulai dari pagi keluar matahari kira2 setang jam samapai nantinya kuat 3 jam berturut2, saat berjemur memang perlu di pantau, jika dia sudah kuat tandanya tidak buka cucuk, setelah jemur angin2kan sebentar kemudian dimandikan di bak mandi baru kemudian diangin kan sebentar samapai kering baru di kerodong dan simpan ditempat yang teduh, bila saat lomba usahakan tidak tidak dijemur, selamat selamat anda masuk dalam jajaran murai mania Wassalam

  21. salam kenal om ismu, mo tnya om knp murai saya sering gigit ekor, apakah over birahi or mo mabung? sehingga ekor terlihat serit dan patah dan ekor yg patah smp sekarang tidak saya cabut dan sebagian ekor yg patah saya gunting. sekarang ekor sudah ada yg tumbuh baru (2 helai) dan itu juga terlihat sedikit serit dan ekor lainnya masih berpatah2 ria. saya sudah menerapkan jangkrik saya turunin menjadi 3/3, kroto seminggu 2x, kadang 3 UH, pur saya ganti dengan pur china *maintenance bird, di krodong lalu di taro dibawah kanopi biar terasa hangat, akan tetapi semua yg saya lakukan blm berhasil. sebenarnya murai saya sedang tahap apa ya om dan bagaimana caranya utk mensiasati agar tidak gigit ekor dan bulu ekor bisa ambrol semua baik yg patah maupun yg masih baru? mohon sarannya om karena ini sudah terjadi 1 bulan. tks sebelumnya om.

    • Salam kenal juga bro Indra,dari persoalan yang disampaikan, mb bro Indra ini masih dalam tahap mabung tidak tuntas, yang masih tersisa di ekor, artinya ada bulu tua/serit yang tidak bisa ambrol dan burung mb selalu menggigit ekor tersebut, solusinya adalah stop dulu jangkrik, Ulat Hongkong, kroto dan asupan extra lainya selama 2 minggu, makanannya cukup menggunakan poer yang dicampur dengan susu bubuk merk apa saja dan di aduk, pisahkan dari burung yang lainnya, setelah dua tiga hari pasti akan terlihat hasilnya, bila ambrolnya sudah tuntas stop penggunaan susu bubuk dan kembali kepada pemelihaan seperti biasa dilakukan, mudah mudahan berhasil….dan setelah ganti baju burung akan rajin bunyi…, oh ya bila bulunya sudah tumbuh dan mengeras krn sekarang musim kemarau sebaiknya kerodong dibuka saja kecuali pada malam hari untuk menghindari ciak bulu, ok semoga bermanfaat….

  22. Om ismu salam kenal…
    Bicara masalah murai batu saya pengen tanya banyak nih, maklum baru pemula Om..
    saya punya satu ekor murai batu, kata yang jual jenis murai medan (ekor nya melengkung kebawah), saya beli nya pas baru makan voor, saat beli panjang ekor nya sktr 17-18cm.
    setelah 4 bulan saya rawat, akhirnya saat ini murai saya mabung dan skrg dalam proses dorong ekor. saya belum bisa memastikan apakah murai saya itu sudah benar benar “selesai mabung” apa belum..
    begini Om, saya itu ingin murai saya punya ekor yang lebih panjang lagi di bandingkan saat sebelum mabung..
    kata seorang teman, kalo pengen ekor murai lebih panjang, pada saat mabung dorong ekor, itu jangan sampe di jemur dan full kerodong, dibuka saat mau ngasih makan saja.Ada beberapa pertanyaan yang cukup mengganjal pikiran ni Om, jadi saya mau tanyakan ke ahli nya saja.
    pertanyaan saya Om :
    1. apa benar kalo murai diperlakukan spt yg dibilang teman saya di atas, nanti pas beres mabung ekor nya bakal lebih panjang dari sebelum mabung ?…
    2. proses dorong ekor murai saya sdh berlangsung satu setengah bulan (ini proses dorong ekor saja lho), ekornya sih uda panjang (menurut saya sama dng waktu sebelum mabung). tapi karena saya masih “mengharapkan lebih panjang lagi” jadi murai tetap tidak pernah saya jemur, dng berharap ekor nya bisa lebih panjang lagi. apa benar yang saya lakukan ini Om ?..
    nah, sebenarnya apa sih kriteria MB sudah full dorong ekor ?..
    3. saya pernah baca di sebuah blog seorang hobbies, kalo pengen MB rajin ngeplong itu rajin di jemur, apa benar Om ?..
    MB saya sering nya cuma ngeriwik saja, apalagi kalo pompa jet pum bunyi, atau kita lagi manasi motor, pasti tuh murai langsung ngeriwik terus..
    saya pengen MB saya rajin ngeplong, saya terbentur dengan pertanyaan kedua saya diatas (saya belum berani men jemur MB saya krn harapan tambah panjang ekor tadi)..
    Om Ismu, maaf ya..,kalo pertanyaan dan tulisan saya kepanjangan, habis kalo sudah menyangkut Murai Batu, gak ada habis nya untuk bertanya hehee..,jangan bosan ya Om, dan terimakasih banyak atas pencerahan nya..

    • Salam kenal balik mas Jacky, untuk pertanyaan pertama jawabnya bisa iya bisa tidak, bisa iya bila umur murai masih dibawah lima tahun, jadi bila usia MB masih dibawah 5th(lima kali ngurak asal perawatannya benar, tidak dijemur di letakkkan tempat yang teduh dan diberi asupan cukup(kroto,jangkrik)ssi pengalaman akan lebih panjang dari sebelumnya, untuk pertanyaan kedua bahwa proses dorong waktunya bermacam-macam ada 1,5 bln ada yg 2 bln dan ada yang 3 bln, hal ini bisa dilihat dari bulu ekor terpanjangnya, bila pinggir bulu ekor terpanjangnya terlihat bergelombang(kriting) maka proses dorong belum tuntas demikian sebaliknya bila tidak ada gelombang(kriting) berarti sdh tuntas dan siap penjemuran. untuk pertanyaan ketiga benar sekali tetapi sesuai porsi ssi kekuatan masing2 murai, jangan sampai kebakaran cirinya panas buka cucuk, ditaruh tempat dinginpun juga buka cucuk, caranya saat selesai dorong dijemur bertahap dri 1/2jam, 1jam sampai 3jam habis itu dimandikan dan diangin2 sebentar baru dikerodang ditaruh ditempat yang hangat. nah moggo disesuaikan dengan MB Mas Jack….kunci sukses adalah telaten dan sabar, semoga bermanfaat dan MBnya bisa tampil maksi….ok wassalam

  23. mas ismu ane mau tanya ni ane ada murai batu bakalan muda huta udah ngeriwik kasar kadang2 udh ngeban2 tapi sekarang lg mabung udh sekitar 1 bulanan tapi kok baru bulu kepala aja yng rontok dan baru mulai tumbuh sekarang malah udh hampir satu minggu lbh blm rontok2 lagi gimana penanganya nih lama banget mau rontok nya maklum ane pemula baru nerawat murai batu mabung lagi untuk balasanyua terima kasi

  24. mas saya mau tanya..
    kmrn sodara saya beli murai, kemudian di titipkan ke saya,
    kondisi murai agak riskan…
    1. sayap kirinya lemah, karena ada beberapa bulu yg baru tumbuh, sehingga burung seperti pincang, ketika pindah tangkringan..dan buntutnya seperti sisir,.
    2. burung sering diam dan seperti kedinginan..
    3. burung hanya nyeretek-tek, tp klo malam ngeplong..
    apakah kondisi burung tersebut ingin mabung atau baru selesai mabung, burung makan lahap,
    mohon pencerahanNya mas, kemudian saya punya kacer gacor d rmh, apakah itu berpengaruh terhadap mental murai mas.
    terima kasih

  25. asslm… mau tnya.. MB sya bulu2x sdh kusam semua dan pecah2 tp blm ada jg yg jatuh sehelai pun bgaimna pnanggulangx..? apakah hars dbri bnyk kroto atw jangkrik.. karna d samping rmh ada jg ttngga yg punya MB sering sahut2n dgn MB saya.. trmksh

  26. Mas Zay Effend, Waalaikum salam…bulu kusam pertanda saatnya mau ganti bulu/ Mabung, kalau ingin cepat rontok campurkan susu bubuk merk apa saja di poernya, stop kroto & jangkrik, bila tidak makan poer, campurkan di kroto secukupnya…insyaallah dalam dua minggu akan jatuh bulu tuanya, letakkan ditempat yang hangat dan di krodong, lakukan sampai bulu tuanya habis dan stop bila sudah tidak ada bulu tuanya, tinggal perawatan pertumbuhan bulu, lakukan tip sesuai yang ditulisan saya tsb…., untuk murai tetangga yang sahut2an tidak masalah….asal jangan pandangan mata..alias terlihat, mudah2an cocok dan bermanfaat…wassalam

    • Siang om mohon pecerahanya..
      Begini om saya ada murai batu kondisi sudah selesai mabung, nah yang saya tanyakan kenapa murai batu saya cuma diem aja dan kadang2 cuma ngriwik pelan?padahal sblm mabung murai saya gacor sekali, atau karna murai batu saya sudah tua?di lihat dari kakinya yg sdah bersisik tebal? Mohon di bantu om, terima kasih sblmnya…salam

      • Bulu Murai batu meskipun terlihat sudah mulus tetapi masih membutuhkan waktu untuk pengerasan bulu dibutuhkan sekitar sampai 1,5 bulanan, pangkal bulu sayap dan ekor bila dilihat sudah tidak terlihat bulu jarum(bulumuda)/(didalam pangkal bulu didalamnya sudah tidak terlihat darah) selama masih ada bulu muda MB masih kesakitan sehingga suaranya cenderung pelan dan tidak bunyi dan bila jumpa dengan MB lawan mentalnya tidak siap, maka dari itu bersabarlah berikan makanan bergizi seperti kroto, jangkrik ulat kandang sesuai stelannya atau dirawat sesuai dengan tulisan di blok sya ini, memang kadang burung tua dilihat dari kaki yg bersisik tebal tetapi ada burung mb masih muda bersisik kakinya karena jarang berendam di air….sehingga terlihat bersisik, untuk mb yang sudah tua bila sudah tuntas mabungnya pasti kembali gacor mas…ok wassalam

  27. om numpang tanya, aku br beli mb selesai mabung, tp sayapnya tdk ambrol masih bulu sayap lama. Harianya hanya bunyi ngukluk aja padahal seblmnya mb ini serng juara gmn mengemblkan kondisinya?

    • Mas Gading….wah ini burung mewah…dan prestasi….. langkah awalnya adalah tuntaskan mabungnya…untuk menuntaskan di coba kasih susu bubuk merk apasaja di foer atau dicampur di krotonya….bila dalam 2 minggu tidak ada perubahan tambahkan belacan/terasi secukupnya dan ditempatkan ditempat yang teduh hangat cenderung kepanas dan bila malam di krodong….dijamin deh akan lepas, dan bila sudah lepas semua bulu tuanya rawatlah sesuai setelan burung tersebut atau disetel mulai dari nol(baru lagi) atau seperti di tulisan sy di blok ini…. siplah semoga berhasil dan menjadi juara kembali

  28. asslm wr.wb om sya mau tanya mb saya ekor lagi dorong udah ada 1 bulan tapi mabungnya sering tidak tuntas sekarang bulu sayap kecil dan dada masih jatuh, minta penjelasanya gimana mabungnya biar sampai tuntas. dan untuk makananya apa biar bulu mulus /

    • P Benny….untuk menuntaskan di coba kasih susu bubuk merk apasaja di foer atau dicampur di krotonya….bila dalam 2 minggu tiadak ada perubahan tambahkan belacan/terasi secukupnya dan ditempatkan ditempat yang hangat cenderung kepanas….dijamin deh akan lepas, dan bila sudah lepas semua bulu tuanya rawatlah sesuai setelan burung tersebut atau disetel mulai dari nol(baru lagi)…mudah mudahan cepat mulus dan siap diturunkan di lomba…..

  29. om mau nanya nih… kenapa muraiku habis mabung gak doyan kroto…. padahal waktu mabung rutin tak kasih kroto… setelah selesai dia pilih mana voernya aja…. gimana solusinya…..

  30. mas Muhamad badawi, pengalaman ini pernah saya alami….. setelah melakukan pengamatan ternyata keroto yg diberikan over…..alias kelebihan porsinya… jadi( mblenger) istilah jawa bhs indonesianya bosan kali ya…, untuk mengembalikan sebaiknya poernya dikurangi bertahap, sehingga dalam sehari poernya siang sudah habis… menu pilihan selanjutnya di berikan keroto.. untuk jangkrik dan makanan lainnya stop dulu….. dan ditempatkan di tempat yang kering dan hangat…. insyaallah akan cepat kembali seperti sedia kala….ok tks..

  31. thanks banget atas solusinya…. skrg udah mau makan kroto walaupun belum begitu enak lihatnya…. ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s